Sabang, Aceh (Antara Babel) - Pangkalan TNI Angkatan Laut Sabang mengadakan donor darah dan berhasil mengumpulkan 70 kantong untuk diserahkan ke Palang merah Indonesia (PMI) untuk dimanfaatkan bagi yang membutuhkannya.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Kicky Salvachdie usai mendonor darah di Sabang, Kamis mengatakan, donor darah massal ini sebagai wujud kepedulian sosial Lanal dan darah ini akan disalurkan PMI kepada rumah sakit di Sabang dan Banda Aceh.

"Semua ada 70 kantong darah dan darah tersebut sebagian dititipkan RSUD Sabang, selebihnya akan dibawa dan disimpan UPTD PMI Banda Aceh," kata Danlanal Sabang.

Menurutnya, donor darah massal di Lanal Sabang merupakan rangkaian acara dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT ke-71 TNI-AL yang ditetapkan pada 10 September 2016 di Dermaga Lanal Sabang.

"Kita wellcome, dan jika ada pasien yang membutuhkan darah anggota TNI di Lanal Sabang siap mendonornya kapan saja," katanya lagi.

Pada kesempatan itu, Danlanal Sabang juga menyampaikan, Rumah Sakit (RS) TNI AL yang bertempat di Kuta Ateuh, Sabang juga siap melayani pasien sesuai standar pelayanan kesehatan dan terbuka untuk semua lapisan masyarakat umum.

"RS TNI AL juga melayani pasien umum, BPJS dan kita ada tiga dokter yang stanbay yaitu dokter umum, gigi dan terapi," ujarnya.

Ketua PMI Kota Sabang, Suradji Junus mengutarakan, kebutuhan darah di Sabang tidak stabil dan jika stok darah kosong petugas PMI dengan swadaya mencari pendonor.

"Minimal kebutuhan darah di Sabang 5 kantong dan jika ada pasien yang membutuhkan darah secara mendadak petugas PMI langsung menghubungi beberapa pendonor tetap seperti TNI, Polri, instansi pemerintah dan masyarakat," katanya.

Sebagaimana terlihat di lokasi donor, Komandan Lanal Sabang, Danlanudal Sabang, dan Komandan Fasharkan, TNI-AD bersama puluhan anggotanya juga ikut mendonorkan darahnya.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016