Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Kodim 0432 Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung upaya peningkatan swasembada pangan di daerah itu.

Dukungan tersebut melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0432-02 Payung, Serka Irfan yang turun langsung membantu petani memanen padi di desa binaannya, Senin (2/9).

Pendampingan tersebut dilakukan di lokasi sawah Ulim Mandiri Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar milik petani Malik dengan luas 4 hektar.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk mendukung program swasembada pangan di Bangka Selatan yang dicanangkan pemerintah," kata Serka Irfan di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, pendampingan bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani untuk terus meningkatkan produksi pangan di wilayah binaan.

"Kami selalu hadir untuk mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penanaman, hingga panen," ujarnya.

Petani sawah Ulim Mandiri Desa Batubetumpang Malik mengapresiasi kehadiran Babinsa yang selalu aktif membantu petani mulai dari pengolahan lahan sampai dengan panen.

"Kami merasa sangat terbantu dengan adanya dukungan dari Babinsa, khususnya hari ini saat panen dengan alat Combain," ujarnya.

Ia mengatakan, panen padi di sawah miliknya tersebut mencapai sekitar empat ton perhektar dengan jenis padi Inpari 42.

"Alhamdulillah panen padi ini cukup maksimal. Semoga ini dapat membantu ketersediaan pangan dan juga perekonomian keluarga," ujarnya.

Danramil 433-02/Payung Kapten Inf Hasudungan P. Aritonang mengatakan, kegiatan pendampingan merupakan bagian dari monitoring bidang pertanian untuk mensukseskan program swasembada pangan.

"Babinsa menjalankan tugas kewilayahan sesuai arahan komando atas untuk mendampingi petani dalam upaya peningkatan ketahanan pangan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024