Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melepas 91 atlet untuk berlaga dan meraih mendali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.
     
"Kami optimistis kontingen atlet daerah ini meraih lima medali emas untuk naik peringkat 20 besar nasional," kata Sekda Kepulauan Babel, Yan Megawandi menyampaikan sambutan Gubernur Kepulauan Babel, Rustam Effendi saat melepas kontingen PON Babel di Pangkalpinang, Jumat.
     
Ia menjelaskan 91 atlet kontingen daerah ini akan berlaga di 20 cabang olahraga (cabor) dari 44 cabor yang dipertandingkan.
     
"Kami yakin cabor atletik nomor lari 100 meter dan panjat tebing dapat merebut medali emas," katanya.
     
Ia mengatakan pada Kejurnas Panjat Tebing Agustus 2016, atlet dari provinsi ini berhasil meraih emas dan cabor atletik juga unggul.
     
"Persiapan fisik dan latihan atlet sudah siap, tinggal mental saat berlaga saja," ujarnya.
     
Menurut dia meski keterbatasan dan kemampuan anggaran pemerintah, namun tidak menyurutkan semangat atlet untuk meraih prestasi secara optimal. 
     
"Kami berharap kontingen atlet ini menjadi duta terbaik mengharumkan Babel di pentas olahraga nasional. Bertanding secara optimal dan jadilah duta terbaik daerah ini," ujarnya.
     
Ketua kontingen Apik Chakib Rasjidi mengatakan keberangkatan atlet  disesuaikan dengan jadwal pertandingan pada cabor masing-masing.
     
"Atlet berangkat tiga hari sebelum bertanding, sesuai dengan penginapan yang disediakan panitia," ujarnya.
     
Ia menjelaskan dari total 91 atlet dan official yang berangkat, didominasi atlet pria karena beberapa cabor beregu diikuti pria.
     
"Paling banyak cabor sepak bola dan basket, cabor ini baru ikut serta dalam PON," ujarnya.
     
Sementara itu atlet atletik nomor lari gawang 100 meter Bangka Belitung, Rama Januari (19) mengaku sudah siap berlaga dan merebut emas dari pesaing lain. 
     
"Saya optimistis bisa meraih prestasi terbaik setelah melalui masa latihan lebih dari enam bulan," katanya. 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016