Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar "Unjani Mengabdi" kegiatan program pengabdian kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 September 2024 di SD Negeri 7 Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. 
 
"Bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat umum digelar secara gratis, akan dilaksanakan di SDN 7 Gantung," kata Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Jawa Barat, Profesor Hikmahanto Juawana di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Rabu (11/9/2024).
 
Selain itu, Prof. Hikmahanto mengatakan program ini dilaksanakan untuk memberi kesadaran bagi masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut. 
 
"Kita ingin mensosialisasikan kepada anak-anak juga masyarakat umum mengenai kesehatan gigi dan mulut. Hal ini mengingat masih rendahnya kesadaran kesehatan gigi karena anggapan masalah gigi bukan kesehatan," ujar Rektor Unjani ini. 
 
Ia menyampaikan berdasarkan riset kesehatan daerah, kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat, sehingga pihaknya melakukan program pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Beltim. 
 
Dalam pembukaan acara itu, selain dihadiri Rektor Unjani, Prof. Hikmahanto Juwana SH LLM PhD, hadir juga Bupati Belitung Timur, Burhanudin.
 
Bakti sosial ini diikuti 230 orang yang melibatkan mahasiswa kedokteran gigi, para dokter gigi dari FKG Unjani, dosen dan para dosen pendamping FKG Unjani.
 
Selama dua hari, 12-13 September 2024 (Kamis-Jumat, pukul 07.00-16.00 WIB) masyarakat umum dipersilakan memeriksakan kesehatan giginya, membersihkan karang gigi, cabut gigi hingga menambal gigi dan konsultasi gratis.
 
Bupati Beltim Burhanudin mengapresiasi program pengabdian Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) berupa pemeriksaan kesehatan gigi gratis untuk masyarakat Beltim.
 
"Terima kasih kepada Rektor dan FKG Unjani yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam kegiatan ini untuk masyarakat Beltim," ujar aan sapaan Burhanudin.

Pewarta: Dirga Firgiawan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024