Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Heru Budi Prasetyo meminta kepada masyarakat untuk terus melestarikan kegiatan siskamling guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang ada di daerah itu.

"Salah satu cara melestarikan kegiatan siskamling ini yakni dengan mengadakan kegiatan lomba siskamling di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Lomba ini kami laksanakan berkerjasama dengan Kodim 0413/Bangka dan Kesbangpol Kota Pangkalpinang," katanya di Pangkalpinang, Kamis.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan siskamling bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta terhindar dari segala aksi kriminal yang makin meningkat.

"Siskamling berperan aktif dalam rangka meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Untuk itu, kami akan meningkatkan peran penting siskamling dilingkungan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, melalui siskamling ini, masyarakat akan diberikan bimbingan teknis seperti apa cara menyelesaikan masalah yang terjadi agar emosi masyarakat yang sering anarkis bisa diantisipasi melalui Bhabinkamtibmas yang sudah ada di setiap kelurahan.

"Setiap kelurahan sudah ada Bhabinkamtibmas dan masyarakat yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungannya. Selain itu, Bhabinkamtibmas akan selalu siap melakukan serta mendampingi masyarakat jika ada permasalahan sehingga tidak menjadi besar," katanya.

Ia mengatakan, dengan terjalinnya kerja sama antara masyarakat dengan polisi, maka masyarakat bisa lebih memahami proses hukum ketika menemukan suatu tindak kejahatan.

"Ketika masyarakat menemukan suatu tindak kejahatan di wilayah masing-masing, maka dapat diserahkan prosesnya kepada pihak kepolisian dengan tidak melakukan tindakan anarkis," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016