Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) PT Timah Tbk menyerahkan bantuan modal usaha dan tenda kepada 39 mustahik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mendukung perekonomian dan kesejahteraan penerima zakat daerah itu.

"Saya berharap penerima zakat ini bisa mengembangkan usahanya, sehingga bisa mandiri secara ekonomi dan menebar manfaat bagi orang-orang di sekitarnya," kata Direktur SDM PT Timah Hendra Kusuma Wardana saat menyerahkan bantuan modal usaha ke mustahik di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengajak seluruh karyawan PT Timah untuk menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat baik itu Baznas maupun UPZ.

Ini adalah langkah kecil dan sedikit dari sekian banyak yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat penerima zakat di lingkungan operasional perusahaan.

"Terima kasih UPZ PT Timah yang telah menghimpun dana ini, karena saya analogikan sederhana kalau anda dari luar daerah menggunakan jalan di daerah tersebut masak bayar pajaknya di daerah luar, tetapi sebaiknya bayarlah zakatnya di daerah itu," katanya.

Ia berharap para mustahik penerima bantuan ini akan menjadi muzaki atau pemberi zakat sehingga program ini bisa berkesinambungan dan terus memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya.

Ketua Baznas Bangka Belitung Mulyadi mengapresiasi UPZ PT Timah yang telah menghimpun dana dan menyalurkan modal usaha ini kepada para mustahik dengan tujuan untuk memandirikan para mustahik secara ekonomi.

"Kita harapkan pengumpulan, pendistribusian bisa terlaksana dan dari sisi ekonomi dapat mengangkat pendapatan para mustahik," katanya.

Ia berpesan kepada para mustahik untuk menggunakan bantuan yang bersumber dari zakat ini betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan usaha bukan untuk memenuhi kebutuhan primer.

"Ini bantuan yang bersumber dari zakat, jadi semoga para pemberi amanah dan penerima amanah ini bisa sama-sama menjaga amanah. Manfaatkan ini untuk modal usaha agar bisa berkembang bukan untuk kebutuhan primer," katanya.

Baznas Bangka Belitung juga memberikan pendampingan dan pembinaan bagi para penerima manfaat zakat. Sehingga bisa membantu mereka dalam mengembangkan ekonomi.

"Saya berpesan pada para penerima manfaat tolong sama-sama menjaga amanah ini, karena zakat tumbuh dan berkembang. Manfaatkan untuk modal usaha, tumbuh dan berkembang akan bermanfaat bagi para mustahik, dan mustahik lainnya dari berkembangnya harta zakat," pesannya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024