Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens telah diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat TNI AU menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Sabtu.

"Kami segera menerbangkan pilot Philip ke Jakarta setelah selesai melakukan konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/ Timika," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi dalam keterangannya kepada ANTARA di Jayapura, Sabtu.

Pihaknya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada personel TNI dan Polri yang telah gugur dalam segala upaya pembebasan pilot Philip di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada semua pihak baik pemerintah Indonesia, kementerian terkait maupun TNI-Polri yang terus berupaya membebaskan pilot Philip yang ditahan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya selama 1,5 tahun," ujarnya.

Dia menjelaskan pada Sabtu (21/9) pukul 11.36 WIT tiba di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika di dari Kampung Yuguru dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kondisi Kapten Philip Mark.

"Kesehatan dari pilot Philip cukup baik hanya saja berat badannya menurun dan secara psikologi cukup baik sehingga layak untuk diterbangkan ke Jakarta," katanya lagi.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan pilot Philip diterbangkan ke Jakarta pukul 15.30 WIT.

"Sebelum ke Jakarta pesawat akan melakukan transit di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar," katanya.

Baca juga: Susi Pudjiastuti ungkap Pilot Susi Air Philip Mehrtens bebas

Baca juga: Pilot Susi Air Philip Mark yang disandera OPM dibebaskan

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024