Penjabat Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama mendukung penuh sejumlah guru dan tenaga kependidikan SD Negeri 1 Pangkalpinang melaksanakan studi tiru ke Bangkok, Thailand untuk meningkatkan kompetensi dan mengadopsi sistem pembelajaran ke Sekolah Indonesia.

Studi tiru tersebut akan diikuti sebanyak 28 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, pengawas, hingga kepala bidang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang. Rencananya kunjungan tersebut dilakukan selama lima hari mulai 1 sampai dengan 5 November 2024.

"Saya mengapresiasi dan mendukung inisiasi SD Negeri 1 Pangkalpinang yang akan melakukan studi tiru ke Bangkok, Thailand," kata Budi Utama, Rabu (25/9).

Budi mengatakan, kunjungan tersebut sangat berguna sebab dapat memotivasi tenaga pendidik lainnya dalam mempersiapkan program-program pembelajaran bagi siswa ke depan.

“Mereka tidak haus untuk belajar sekarang mereka belajar ke luar negeri tentu kami sangat mendukung, apalagi mereka menggunakan biaya mandiri,” jelas Budi

“Melalui studi tiru dan studi komparasi ini yang mana bagus di sana kita bisa ambil, mana yang serumpun sama kita kita bisa ambil. Pemerintah kota juga akan memberikan dukungan nanti jika ada kebutuhan-kebutuhan khusus yang perlu dilengkapi oleh kepala sekolah baru nanti kita lihat dan diskusikan,” ujarnya menambahkan.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pangkalpinang, Ishak menyampaikan bahwa kegiatan studi tiru merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi, pengembangan profesionalisme guru dan membangun kolaborasi dengan sekolah yang ada di Bangkok.

“Untuk peningkatan kemudian branchmark kami untuk mengadopsi membandingkan dan mengimplementasi kurikulum merdeka jadi akan kami adopsi antara yang ada di Indonesia dengan Thailand kemudian penyelesaian kurikulum lokal pembelajaran inklusif dan berkesinambungan, ” ungkapnya.
 

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024