Pemerintah Kota Pangkalpinang berhasil meraih 2,89 nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS). Nilai dengan predikat baik tersebut merupakan nilai tertinggi untuk IPS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan begitu, Pemkot Pangkalpinang menjadi pemerintah daerah dengan nilai terbaik IPS nya. 
 
Kepala BPS Kota Pangkalpinang, Dewi Savitri mengatakan, dengan meningkatnya nilai IPS bahkan menjadi terbaik di Provinsi Babel, menunjukkan kolaborasi yang kuat telah terjalin antara pihaknya dengan Pemkot Pangkalpinang dan kekompakan tersebut akan terus ditingkatkan.
 
"Nilai IPS Pemerintah Kota Pangkal Pinang masuk pada kategori "Baik" dan tertinggi di tingkat Kab/Kota se-Provinsi Babel. Semoga nilai IPS semakin baik dan penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkot Pangkalpinang menjadi berkualitas, bermakna, dan berdampak untuk pembangunan, " kata Dewi. 
 
Penyerahan nilai IPS diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, Febri Yanto dalam acara Anugerah Hari Statistik Nasional di Jakarta, Kamis (26/9). 
 
Febri mengatakan, kolaborasi yang terjalin antara Pemkot yakni Diskominfo sebagai leading sector dengan BPS tidak hanya memperkuat fondasi pengambilan keputusan yang berbasis data, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Dengan mengoptimalkan data statistik yang akurat dan relevan. 
 
"Kerja sama ini merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk memastikan bahwa data yang kita kelola adalah akurat, tepat waktu, dan relevan, " ujar Febri. 
 
Dia sangat optimis bahwa dengan kerja sama ini, tidak hanya akan meningkatkan Indeks Pembangunan Statistik, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam memberikan layanan publik.
 
"Mari kita bersama-sama mewujudkan Pangkalpinang sebagai kota yang lebih cerdas dan berbasis data, " ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024