Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima penghargaan pemerintah daerah terbaik kinerja penyaluran dana desa tahun anggaran 2024 dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

"Kami sampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan atas kinerja terbaik dalam penyaluran dana desa tahun anggaran 2024," kata Pjs Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, penghargaan yang diterima tersebut berkat kolaborasi yang optimal antara dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan pemerintah desa di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kita berharap prestasi yang diraih ini dapat dipertahankan dan menjadi semangat serta motivasi pada bidang-bidang yang lain," ujarnya.

Ia mengatakan, kelancaran penyaluran dana desa merupakan salah satu upaya untuk mendorong pelayanan publik dan pembangunan desa lebih maksimal. 

Hal ini bertujuan agar hasil pembangunan dan pelayanan masyarakat di tingkat desa dapat segera dirasakan oleh masyarakat setempat. 

"Dana desa merupakan salah satu sumber penggerak perekonomian di desa, sehingga Kita berharap kelancaran penyaluran dana desa ikut serta menggeliatkan perekonomian masyarakat desa," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Selatan Achmad Ansyori mengatakan, penghargaan tersebut merupakan kali ketiga diraih pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

"Terimakasih untuk teman-teman bidang, OPD terkait dan juga pemdes yang telah berkoalisasi dengan baik sehingga untuk ketiga kalinya kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan," katanya.

Ia mengatakan, sebagai leading sektor pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, pihaknya akan terus mendorong dana desa dapat digunakan secara efektif dan memiliki daya ungkit yang kuat dengan tetap mempedomani aspek ketertiban administrasi yang baik. 

"Kita bersama dengan OPD terkait lainnya akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan penyelenggaraan pemerintahan di desa," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024