Jakarta (Antara Babel) - Komisi XI DPR RI melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta, Selasa.

Pada hari ini, Komisi XI akan menguji delapan calon anggota BPK, setelah pada Senin (19/9) lalu juga menguji delapan calon anggota BPK.

Adapun delapan calon yang akan diuji pada Selasa ini antara lain Sutrisno, Riza Suarga, Dasril Munir, Suharmanta. Keempat calon tersebut akan diuji secara bergantian mulai pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, pada pukul 14.00 WIB, Komisi XI akan menguji empat calon lainnya yakni Ahmad Yani, Muhammad Yusuf Ateh, Fatkhur Rokhman, dan Tubagus Haryono.

Adapun calon yang sudah menjalani fit and proper test pada Senin lalu antara lain Bahrullah Akbar, Emita Wahyu Astami, Abdul Latief, Eko Sembodo, Rusli Nasution, Muchamad Syarifudin, Indra Bastian, dan Ady Setiawan.

Sedangkan calon anggota BPK yang akan diuji pada Rabu (21/9) besok antara lain Anggito Abimanyu, Taufik Hendra Kusuma, Sumurung Halomoan, Gunawan Sidauruk, Indra Utama, Bambang Ratmanto, J Widodo Harjo Mumpuni, dan John Reinhard Sihombing.

Sebelumnya, pada Senin lalu, Anggota Komisi XI sempat berdebat mengenai delapan dari 24 calon anggota BPK yang merupakan rekomendasi dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kedelapan nama tersebut yang diurutkan berdasarkan peringkat tertinggi antara lain Anggito Abimanyu, Indra Bastian, Tubagus Haryono, Emita Wahyu Astami, Ahmad Yani, inkumben Bahrullah Akbar, Johanes Widodo Hario Mumpuni, dan Muhammad Yusuf Ateh.

Ada anggota yang menganggap cukup delapan nama rekomendasi tersebut saja yang diuji, namun ada pula yang meminta Komisi XI tetap menguji semua kandidat.

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016