"Begitu istimewanya shalat subuh berjamaah. Lantas, apa yang menghalangi kita untuk menyingkap selimut dan mengakhiri tidur kita untuk melakukan shalat subuh? Bukankah ibadah ini menjadi bagian yang begitu besar dibandingkan dunia dan seisinya".

Demikian hal tersebut disampaikan Erzaldi Rosman usai melangsungkan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Kubah Timah Pangkalpinang, Kamis (03/10/2024).

Dikatakan dia, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa sholat subuh dikhususkan dengan keistimewaan tunggal dan sifat-sifat tertentu yang tidak terulang pada shalat lainnya.

Oleh karena itu pula, menjadi salah satu alasan sholat subuh berjamaah begitu berat untuk dilakukan bagi sebagian besar kaum muslimin.

"Namun walaupun berat untuk melaksanakannya, shalat subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa bagi ibadah kita. Shalat yang agung ini benar-benar memiliki daya tarik, karena kedudukannya dalam Islam dan nilainya yang tinggi dalam syariat Islam. Banyak sekali Hadits yang mendorong untuk melaksanakan shalat subuh dan menyanjung mereka yang mengerjakan serta menjaganya," jelas Erzaldi.

Erzaldi menambahkan, dalam hadits Rasulullah SAW juga telah menjelaskan tentang Fadilah dan Kemuliaan Shalat Subuh, yakni : 

1. Mendapat berkah 
2. Terbukanya pintu rezeki 
3. Mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.
4. Mendapatkan ganjaran shalat sepanjang malam
5. Dijanjikan masuk surga 
6. Jamaah shalat subuh dipersaksikan oleh Malaikat.
7. Berpeluang mendapatkan pahala haji dan umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari.
8. Kesempatan untuk melaksanakan shalat sunah subuh.
9. Keselamatan dari siksa neraka.
10. Kemenangan dengan Melihat Allah Ta'ala pada hari kiamat nanti.

Lanjut dia, hal ini merupakan ganjaran terbesar yang dikaruniakan Allah SWT kepada hamba-Nya. Sehingga diharapkan dapat semakin memacu keinginan kaum muslimin untuk dapat melaksanakan shalat subuh berjamaah.

"Semoga motivasi ini memacu kita untuk senantiasa bisa menjaga shalat subuh secara berjamaah, bahkan menularkannya kepada saudara-saudara kita lainnya. Aamiin ya Rabbal'alamin," pungkas dia.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024