Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, Tanya Dimitrova mengatakan Belitung memiliki potensi pariwisata dan keindahan alam yang bisa melebihi Bali.

"Indonesia bukan hanya Bali, meskipun Bali memiliki nama besar, Indonesia punya lebih dari itu, termasuk Belitung," katanya di Tanjung Pandan, Minggu.

Hal ini disampaikan Tanya Dimitrova dalam kunjungan kerja perdananya ke Belitung guna menjajaki peluang kerja sama antara Belitung dan kota-kota di Bulgaria.

Selain itu, Tanya Dimitrova juga mengatakan Belitung seperti permata yang tersembunyi karena banyak wisatawan mancanegara yang belum mengetahui keindahan Belitung.

Dirinya mengaku sangat terkesan dengan keindahan alam dan keramahan masyarakat Belitung.

"Saya sangat terkesan melihat foto-foto orang yang pernah ke sini dan mereka mengatakan tempat ini luar biasa, sayangnya memang belum banyak yang tahu," ujarnya. 

Dia optimistis, potensi pariwisata yang dimiliki Belitung ke depannya akan semakin terkenal, orang-orang semakin ramai datang berkunjung dan mengeksplorasi keindahan alam Belitung.

"Saya juga akan mempromosikan keindahan alam dan pariwisata Belitung kepada warga Bulgaria agar mereka dapat menikmati pesona keindahan Belitung," katanya. 

Baca juga: Belitung-Bulgaria jajaki kerja sama di tiga sektor unggulan

Dimitrova menjelaskan, kunjungannya ke Belitung merupakan langkah awal untuk menjajaki peluang kerja sama Bulgaria dan Belitung atau kerja sama antar kota (sister city).

Disampaikan, sebelum bertolak ke Belitung, dirinya sempat berbicara dengan seorang walikota di Bulgaria yang menyampaikan keinginannya untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Belitung.

Belitung, kata dia, memiliki sejumlah potensi besar untuk dikerjasamakan seperti di sektor pariwisata, perikanan, dan kelapa sawit yang dapat dieksplorasi lebih jauh.

"Ini adalah langkah awal, namun dari tahun ke tahun kami akan terus melihat potensi besar untuk pengembangan kerja sama ini," ujarnya.

Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, Tanya Dimitrova kini telah kembali bertolak ke Jakarta usai melakukan kunjungan kerja di Belitung.

Ia akan membahas potensi peluang investasi Belitung di dalam sebuah forum diskusi agar bisa ditindaklanjuti dan pihaknya akan mengundang perwakilan Pemkab Belitung ke Bulgaria guna membahas kerja sama ini lebih lanjut.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024