Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan 13.000 judul buku kepada 12 desa di enam kecamatan yang ada di daerah tersebut.

"Tahun ini kita sudah membagikan bantuan buku-buku kepada 12 desa di Kabupaten Bangka Selatan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Selatan Sumadi di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, bantuan buku yang diberikan tersebut merupakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari perpustakaan nasional.

"Bantuan buku-buku ini diberikan kepada 12 desa yang ada di enam kecamatan dengan masing-masing menerima sebanyak 1.000 judul buku," ujarnya.

Adapun 12 desa yang menerima bantuan buku program perpustakaan nasional yakni Kecamatan Toboali (Desa Rias, TBM Salimah Rias, Desa Gadung), Kecamatan Airgegas (Desa Bencah, dan Airbara), Kecamatan Payung (Desa Payung, Irat, dan Desa Malik)

Kemudian Kecamatan Pulau Besar (Desa Panca Tunggal, dan Desa Batubetumpang), Kecamatan Simpang Rimba (Desa Permis), dan Kecamatan Tukak Sadai (Desa Bukit Terap dan Desa Tiram).

"Bantuan buku-buku ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca dan literasi bagi masyarakat terutama generasi muda," ujarnya.

Sumadi menambahkan bantuan buku yang diserahkan mulai dari buku bacaan tentang pengetahuan umum, buku keterampilan, buku cerita anak-anak dan remaja serta buku lainnya.

"Semoga bantuan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat sehingga akan meningkatkan kualitas SDM di Bangka Selatan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024