Penjabat Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) XII Babel 2024 adalah momentum pengembangan syiar dan ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Ilahi.

"MTQH XIII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah momentum pengembangan syiar dan ikhtiar Kalam Ilahi," katanya saat membuka pelaksanaan MTQH XIII Babel 2024 di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, MTQH XIII Babel 2024 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digelar tidak hanya sekedar kompetisi membaca dan menulis Al-Qur'an, tetapi juga wadah untuk melahirkan transformasi baik fisik maupun non fisik.

"Tapi lebih dari itu, MTQH XIII Babel 2024 menjadi ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia khususnya di bidang seni baca Al-Qur'an dan pemahaman tentang isi Al-Qur'an,"ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu program pembangunan di bidang keagamaan adalah peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta pengembangan nilai-nilai keagamaan di masyarakat diantaranya melalui MTQH XIII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2024.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan MTQH XIII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah momentum untuk meneguhkan kesucian, memperkuat keimanan, dan memperkuat fungsi edukatif kitab suci Al-Qur'an bagi umat Islam.

Disampaikan, generasi Qur'ani yang diharapkan juga tidak hanya sekedar sanggup membaca Al-Qur'an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Inilah salah satu ciri sumber daya manusia unggul sesuai napas Al-Qur'an," katanya.

Mikron mengucapkan selamat dan rasa terima kasih kepada kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah berkompetisi dengan baik di ajang MTQH tingkat nasional di Samarinda, Kalimantan Timur beberapa waktu lalu.

"Walau belum bisa menjadi yang terbaik namun di beberapa cabang yang dilombakan bisa mengharumkan nama daerah," ujarnya. 

MTQH XIII tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berlangsung di Tanjung Pandan mulai 7-12 Oktober 2024 mendatang.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024