Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi delapan menit menarasikan pemain sepak bola asal Spanyol Ivan Jaime akan menjadi pemain naturalisasi pada Timnas Indonesia. 

Sebelumnya, pemain sayap atau gelandang serang untuk klub Liga Primeira Porto itu sempat dirumorkan memiliki darah atau keturunan Indonesia.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“SE DUNIA HEBOH VAN PERSIE BENAR BENAR SUDAH TERBANG MENUJU BAHRAIN ANTAR IVAN JAIME BELA INDONESIA”

Namun, benarkah Ivan Jaime tiba di Indonesia dan ikut bergabung di Timnas Indonesia?

 
 
Unggahan yang menarasikan Ivan Jaime tiba di Indonesia dan ikut bergabung di Timnas Indonesia. Faktanya, belum ada narasi resmi yang menyatakan hal tersebut. (YouTube)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, salah satu potongan video yang terdapat dalam unggahan tersebut yakni wawancara Ivan Jaime. Potongan video tersebut serupa dengan unggahan di laman Fussballzz berjudul Iván Jaime: "Demos luta a uma grande equipa" atau jika diterjemahkan berjudul “Ivan Jaime: ‘Kami memberikan perlawanan kepada tim yang hebat’”.

Dalam video tersebut, tidak ada pernyataan Ivan Jaime mengenai dirinya bergabung ke Timnas Indonesia.

Selain itu, potongan video Robin van Persie serupa dengan video di laman Benchwarmer yang berjudul “Robin Van Persie Explains Why He Left Arsenal – ‘Arsenal Got Tired Of Me’”. Dalam video tersebut, Robin Van Persie menjelaskan mengapa dia meninggalkan Arsenal. Video lengkapnya dapat dilihat di unggahan TNT Sport.

Selain itu, narator hanya membacakan unggahan berita dari laman berikut dengan judul “Shin Tae-yong Senyum! PSSI Buka Peluang Tambah Naturalisasi di Timnas Indonesia”. Dalam laman tersebut, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali menjelaskan bahwa sejauh ini PSSI belum ada rencana untuk segera menaturalisasi para pemain keturunan.

Dengan demikian, video yang menyatakan Ivan Jaime tiba di Indonesia dan bergabung di Timnas Indonesia merupakan sesuatu yang keliru. 
 

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024