Pangkalpinang (Antara Babel) - Ketua Bawaslu Kepulauan Bangka Belitung, Zul Terry memastikan pelaksanaan tes urine serta pemeriksaan kesehatan dan psikologi terhadap bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur sudah sesuai prosedur dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Tes urine dan rangkaian pemeriksaan kesehatan lainnya ini tertutup untuk media massa, namun kami pastikan sudah sesuai prosedur," kata dia saat menghadiri tes urine bakal cagub dan cawagub di BNNP Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan pihaknya bersama KPU mengawasi secara ketat proses pemeriksaan kesehatan, tes urine dan wawancara psikologi pasangan cagun dan cawagub Kepulauan Babel.

"Kegiatan ini tertutup bagi media massa karena terkait hal-hal yang sensitif," ujarnya menambahkan.

Ia mengatakan BNNP memiliki prosedural dan standar pemeriksaan tersendiri dalam memeriksa urine calon kepala daerah.

"Kami mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan hingga pasangan calon buang air seni di toilet, sehingga dipastikan tidak ada rekayasa dalam pemeriksaan," ujarnya.

Menurut dia sebelum rangkaian pemeriksaan dilakukan pihaknya telah meminta BNNP mensterilkan tempat pemeriksaan kesehatan.

"Kami juga berharap ke depan BNNP lebih terbuka agar media massa ikut menyaksikan proses tes urine para calon kepala daerah. Tidak hanya itu, media massa diharapkan memberikan informasi sesuai dengan fakta kepada masyarakat," katanya.

BNNP Kepulauan Babel melakukan tes urine terhadap empat pasang cagob dan cawagub yaitu Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah, Yusron Ihza Mahendra-Yuroni Yazid, Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fattah dan pasnagan Hidayat Arsani-Sukirman.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016