PT Timah Tbk mengembangkan pelayanan Rumah BUMN Pulau Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai komitmen perusahaan untuk membantu pelaku UMKM mempromosikan dan memasarkan produk ke pasar global.

Direktur Eksekutif Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN I Gede Arimbawa Yasa di Belitung, Selasa, mengapresiasi komitmen PT Timah yang telah mengelola Rumah BUMN Belitung.

Ia mengatakan, PT Timah menjadi pengelola Rumah BUMN Pulau Belitung ini tentunya menjadi langkah positif perusahaan untuk menunjukkan kepedulian bagi masyarakat sekitar dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan kreativitas usahanya.

"Kehadiran PT Timah dalam mendorong kreativitas UMKM diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM dan menjadi industri yang ujung-ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Departemen Head Corporate Communication PT Timah Anggi Siahaan mengatakan, mengembangkan produk lokal dan memberdayakan pelaku usaha kecil menjadi salah satu komitmen PT Timah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

"PT Timah sejak 2000 silam secara konsisten mendukung para UMKM untuk berkembang dan mandiri melalui program Pendananaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk mendukung permodalan, pendampingan, pembinaan dan juga turut dalam promosi dan pemasaran produk UMKM di wilayah operasional perusahaan," katanya.

Ia menyatakan, salah satu mendukung promosi dan pendampingan yang dilakukan PT Timah ialah dengan mengelola Rumah BUMN Belitung. Melalui Rumah BUMN Belitung diharapkan para UMKM dapat terus berkembang dan mandiri sehingga bisa mendorong perekonomian masyarakat.

"Saat ini sudah ada ratusan produk UMKM yang dipasarkan di Rumah BUMN Belitung dari berbagai mitra binaan BUMN. Produk yang dipasarkan seperti kerajinan, makanan, batik dan lainnya," katanya.

Selain itu, PT Timah juga memfasilitasi para UMKM untuk mengikuti berbagai pelatihan agar bisa meningkatkan kapabilitas mereka dalam mengembangkan produk, maupun menembus pasar global.

"Baru-baru ini, PT Timah juga ikut mendukung kegiatan pelatihan 'Empowering Local Brand, Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Sustainability dan Go Global' yang dilaksanakan berkolaborasi dengan berbagai BUMN lainnya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024