Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajukan nilai 4,4 hasil evaluasi mandiri Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2024.

"Indeks SPBE kita terus meningkat setiap tahun, itu artinya pemerintah daerah mulai memaksimalkan pelayanan berbasis elektronik," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Belitung Timur Bayu Priyambodo di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan pada 2023 daerah itu meraih 3,56 indeks evaluasi SPBE, pada 2022 mendapatkan nilai 2,7 dan  pada 2021 meraih nilai 2,15.

"Itu artinya selama tiga tahun ini sudah ada lompatan-lompatan terkait SPBE,” ujarnya.

Ia mengatakan saat evaluasi sudah ada pendalaman-pendalaman terkait eviden yang disampaikan dan dari jawaban yang disampaikan dapat memuaskan assesor.

“Nilai ini sesuai arahan bupati, sehingga dengan SPBE yang bagus reformasi birokrasi juga baik, kemudian untuk indikator-indikator kinerja utama di pemerintahan juga akan terdukung,” ujarnya.

Diskominfo SP selaku sekretariat indikator kinerja utama SPBE sudah berusaha dengan optimal, dengan mengkoordinir organisasi perangkat daerah terkait dan menyampaikan laporan secara berkala kepada pimpinan melalui sekretaris daerah. 

"Untuk evaluasi SPBE 2024 ini ada empat domain yang dinilai yakni; domain kebijakan SPBE, domain tata kelola SPBE, domain manajemen SPBE, serta domain layanan SPBE dengan hasil penilaian mandirinya aspek SPBE Indeks Belitung Timur melebihi dari aspek SPBE target," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024