Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia Anwar Sanusi memberikan apresiasi terhadap karya kursi dari limbah plastik yang dibuat oleh warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang pada pameran bursa kerja Naker Fest 2024 di Gedung Golden Palace Girimaya, Kamis (17/10). 

"Inovasi ini merupakan bukti bahwa kreativitas dan keterampilan bisa tumbuh di mana saja, termasuk di dalam Lapas. Kursi dari limbah plastik ini menunjukkan bahwa Warga Binaan Lapas Pangkalpinang tidak hanya menjalani pembinaan, tetapi juga menciptakan produk yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” kata Sekjen Kemnaker RI Anwar Sanusi. 

Ia menyebutkan karya warga binaan yang ditampilkan pada Naker Fest 2024 tidak hanya bernilai estetika, tetapi juga ramah lingkungan. 

Ia menyatakan keterampilan seperti ini sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada Warga Binaan dalam meningkatkan keterampilan, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. 

“Karya-karya seperti ini patut diapresiasi, dan kami berharap program serupa dapat terus berkembang di Lapas Pangkalpinang,” katanya. 

Baca juga: Kemnaker tingkatkan kompetensi pencari kerja di luar negeri

Sementara itu, Kalapas Pangkalpinang Hidayat menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas apresiasi yang diberikan dan terus berupaya memberikan pelatihan yang dapat membekali Warga Binaan dengan keterampilan yang bermanfaat. 

“Melalui inovasi kursi limbah plastik ini, kami ingin menunjukkan bahwa Warga Binaan Lapas Pangkalpinang memiliki potensi untuk berkontribusi positif bagi masyarakat," kata Hidayat.

Adapun Naker Fest 2024 ini menjadi wadah penting bagi Lapas Pangkalpinang untuk menunjukkan hasil karya Warga Binaan kepada masyarakat luas. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kota Pangkalpinang, sangat berarti dalam mewujudkan program pembinaan yang berkelanjutan. 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024