Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan objek wisata Benteng Kuto Panji di Kecamatan Belinyu untuk menarik wisatawan.

Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Senin, mengatakan Benteng Kuto merupakan salah satu objek wisata peninggalan sejarah yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kami bertekad untuk mengembangkan dengan cara memelihara dengan pengelolaan yang tepat dan benar," katanya.

Bupati berjanji untuk dana pembiayaan pemeliharaan, jumlahnya  disesuaikan dengan kemampuan dana pemerintah, dan akan disediakan tahun berikutnya.

"Kami akan menganggarkan dengan jumlah yang disesuaikan kemampuan dana tersedia agar pengembangan objek wisata itu berjalan maksimal," ujarnya.

Secara fisik, kata bupati,  Benteng Kuto Panji yang terletak di sebelah barat kota Sungailiat memiliki luas kurang lebih 2.775 meter persegi dengan ketinggian bangunan peninggalan sejarah itu mencapai empat meter.

"Areal objek Benteng Kuto Panji saya anggap sudah baik namun perlu dilakukan perbaikan untuk memperindah sejumlah tempat sehingga pengunjung merasa nyaman menikmatinya," katanya.

Dia berharap semua lapisan masyarakat mendukung program pengembangan sektor pariwisata guna meningkatkan pendapatan asli daerah sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat yang merata.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016