Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta seluruh camat di wilayahnya harus tetap tanggap dengan kondisi keamanan di lingkungannya masing-masing.

"Saya minta seluruh camat harus cepat tanggap mengenai kondisi keamanan di lingkungannya seperti persoalan pertambangan, dugaan kegiatan aliran sesat, perjudian dan berbagai permasalahan sosial lainnya," katanya di Sungailiat, Selasa.

Tuntutan keterlibatan camat untuk tanggap kondisi keamanan lingkungan, kata bupati, merujuk dari hasil evaluasi keamanan berdasarkan hasil temuan Komite Intelijen Daerah terhadap kondisi keamanan.

"Tanggap keamanan lingkungan yang dilakukan oleh camat yakni dengan meningkatkan koordinasi dengan semua pihak yang terkait," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan dilakukan tanggap keamanan diharapkan dalam melakukan pencegahan dini ancaman yang dapat menimbulan persoalan di masyarakat.

"Persoalan keamanan harus tetap dijaga dan ditingkatkan oleh semua lapisan masyarakat karena dengan terciptanya kondisi yang aman dapat mendukung kelancaran kegiatan pemerintah maupun masyarakat," ujarnya.

Menurut bupati, kelancaran komunikasi mulai dari tingkat RT, kepala lingkungan, kelurahan sampai ke kecamatan yang terjalin dengan baik.

"Ketua RT ataupun kepala lingkungan hendaknya secepat mungkin melaporkan ke pihak kepolisian terdekat atau kelurahan dan kecamatan jika ada dugaan ancaman keamanan dalam bentuk apapun," ujarnya.



Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016