Menteri Sosial Saifullah Yusuf dipercaya oleh Presiden RI Prabowo Subianto untuk melanjutkan tugasnya tersebut dalam Kabinet Merah Putih yang baru dibentuk dan nantinya akan dibantu oleh Agus Jabo Priyono selaku Wakil Menteri Sosial.
 
"21, Saifullah Yusuf, Menteri Sosial," kata Prabowo saat mengumumkan Kabinet Merah Putih didampingi Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.
 
Saifullah, yang akrab disapa Gus Ipul, sebelumnya ditunjuk oleh Presiden Ke-7 RI Joko Widodo sejak 11 September 2024 untuk menjabat Menteri Sosial menggantikan Tri Rismaharini yang turun dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur.
 
Pengumuman kali ini tidak mengagetkan bagi khalayak umum, lantaran Gus Ipul juga sudah mengisyaratkan bahwa dirinya akan melanjutkan tugas sebagai Mensos selepas memenuhi panggilan Prabowo di kediamannya di bilangan Kertanegara, Jakarta, pada Senin (14/10).
 
Gus Ipul juga memanfaatkan masa jabatannya di sisa akhir periode Kabinet Indonesia Maju, yang tak sampai dua bulan, untuk masalah-masalah kesejahteraan sosial yang harus diatasi.
 
Sebelumnya, Gus Ipul sempat menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dalam Kabinet Indonesia Bersatu di bawah kepemimpinan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2007.
 
Lantas pada 2009-2019, Gus Ipul menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Gubernur Soekarwo.
 
Karier politiknya berlanjut ketika ia berhasil menjadi Wali Kota Pasuruan 2021-2024.
 
Dalam Kabinet Merah Putih, kerja Gus Ipul akan dibantu oleh Agus Jabo Priyono yang diumumkan Presiden Prabowo sebagai Wakil Menteri Sosial.
 
Agus Jabo merupakan mantan aktivis mahasiswa yang turut mendirikan Partai Rakyat Demokratik (PRD) untuk ikut dalam Pemilihan Umum 1999 sebelum kemudian ia mendeklarasikan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) pada 2021. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024