Pejabat sementara Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memanfaatkan bursa lowongan kerja agar bisa diserap perusahaan.

"Kami berharap para lulusan SMK di daerah ini selalu aktif mencari informasi bursa lowongan kerja, baik yang ada di dalam daerah maupun di luar agar bisa mendapatkan peluang masuk kerja," kata Pjs Bupati Bangka Barat Hendriwan di Mentok, Senin.

Ia mengatakan, beberapa hari lalu juga telah digelar bursa lowongan kerja di SMK Negeri 1 Parittiga, yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memfasilitasi pertemuan antara perusahaan dengan para lulusan SMK.

Kegiatan tersebut selain sebagai ajang silaturahim para alumni SMK dan mempertemukan antara perusahaan pencari tenaga kerja dengan para lulusan SMK, juga sebagai sarana mengenalkan para siswa SMK Negeri 1 Parittiga dengan dunia kerja yang nyata.

"Para siswa kita bekali dengan pengetahuan tentang dunia industri agar mereka semakin siap masuk dunia kerja saat lulus nanti," ujarnya.

Dengan adanya pemahaman dunia kerja sejak dini, diharapkan para siswa memiliki bekal agar mampu memanfaatkan peluang masuk di dunia kerja dan bisa menyiapkan diri, membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan agar sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan yang ada.

"Kami mengapresiasi kegiatan bursa lowongan kerja ini, kami berharap bisa bermanfaat dan sekolah bisa membantu para siswa mendapatkan informasi atau peluang untuk masuk dunia kerja, dunia industri," katanya.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan bisa menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan industri sehingga para siswa mendapatkan informasi terkait dunia kerja secara tepat.

"Ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang baik antara pihak sekolah, perusahaan dan pemerintah daerah yang diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Paritiga, Bambang Agusfianto mengatakan bursa lowongan kerja tersebut diikuti sejumlah perusahaan dari berbagai sektor, yang selain menawarkan lowongan pekerjaan juga langsung melakukan wawancara kepada para lulusan SMK yang mendaftar sebagai peserta.

Dengan hadirnya sejumlah perusahaan tersebut menjadi sebuah kesempatan berharga bagi para lulusan dan siswa SMK untuk bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan, memperluas jaringan, dan bahkan mungkin mendapatkan kesempatan wawancara langsung di tempat itu.

"Kegiatan ini bukan hanya untuk para siswa SMK Negeri 1 Paritiga, tetapi juga terbuka bagi seluruh alumni yang mencari kerja, ingin mendapatkan informasi langsung dari perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024