KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar debat publik pertama pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam Pilkada serentak 2024 di Novotel Bangka, Rabu (23/10) malam.

Ketua KPU Kepulauan Bangka Belitung, Husin mengatakan debat pertama ini dilaksanakan secara langsung karena menjadi tahapan penting dalam prosedur pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk  memberi ruang kepada para paslon menyampaikan visi misi dan program kerjanya jika terpilih sebagai kepala daerah.

Dua pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang mengikuti debat ini yakni paslon nomor urut 1 Erzaldi Rosman Djohan dan Yuri Kemal Fadhlullah, paslon nomor urut 2 Hidayat dan Hellyana.

Selain itu, debat publik ini wujud transparansi demokrasi agar semakin baik dan masyarakat dapat memilih pemimpin untuk kemajuan provinsi sehingga kita tidak hanya mendapatkan pemimpin yang memiliki kemampuan, namun pemimpin yang berintegritas memimpin masyarakat.

"Debat ini juga memberi kesempatan kepada masyarakat dalam menjawab berbagai tantangan di Bangka Belitung," ujarnya.

Di debat pertama ini tim panelis dan perumus KPU Babel mengusung tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Bangka Belitung, Penguatan Demokrasi Lokal dan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif menuju Provinsi Babel yang Berkelas dan Berkeadilan.”

"Kami juga berkomitmen memberi netralitas dan transparansi agar pilkada ini berjalan jujur, adil dan demokratis," tutup Husin.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024