Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara Hari Jadi Ke-316 Kota Toboali tahun 2024 di lapangan upacara Kantor Bupati Bangka Selatan, Jumat (25/10).

Upacara peringatan Hari Jadi kota Toboali dengan tema Toboali mengukir sejarah (Mesra) yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Bangka Selatan Elfin Elyas.

Elfin mengatakan, penetapan hari jadi kota Toboali dilakukan berdasarkan pendekatan sosio-historis pada tanggal 25 Oktober 1708, sejak zaman Sultan Muhammad Mansyur Joyo Ing Lago.

Dimana pada saat itu, Sultan Muhammad Mansyur Joyo Ing Lago mengumumkan untuk melanjutkan kebijakan politik dan ekonomi kesultanan Palembang Darussalam yang telah dicetuskan oleh ayahnya Susuhunan Sultan Abdurrahman dengan membangun benteng-benteng atau parit pertahanan yang berfungsi untuk pertanian perkebunan dan pertambangan.

"Dengan ditetapkannya kota Toboali pada 25 Oktober 1708, menjadikan kota Toboali tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Ia mengatakan, peringatan hari jadi kota Toboali ini menjadi yang kedua dilaksanakan sejak ditetapkannya peraturan daerah (Perda) tentang hari jadi kota Toboali," katanya.

"Kita patut berbangga karena kota Toboali menjadi panutan bagi kota-kota lainnya di provinsi Kepulauan Bangka Belitung terutama dalam mengembangkan potensi yang dimiliki," ujarnya.

Elfin mengatakan, hari jadi ke-316 Kota Toboali ini menjadi momentum untuk mengenang sejarah, untuk terus bahu membahu membangun masa depan kota Toboali yang lebih baik dengan semangat kebersamaan, gotong royong, dan inovasi diberbagai lini.

"Kita yakin kota Toboali akan terus menjadi kota yang menginspirasi. Semoga kota Toboali semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan usianya yang semakin bertambah," ujarnya.

Ia berharap kota Toboali bisa menjadi role model atau panutan pembangunan sosial dan ekonomi bagi daerah-daerah yang lain yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Semoga masyarakat dan kita semua semakin mencintai kota Toboali dan bangga menjadi bagian dalam mengukir sejarah baru kota Toboali yang lebih gemilang," ujarnya.

Dalam peringatan hari jadi ke-316 kota Toboali dilakukan secara sederhana dengan menggelar upacara di lapangan kantor Bupati Bangka Selatan, dan kegiatan gotong royong membersihkan kawasan benteng Toboali yang akan dilaksanakan pada nanti sore.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024