KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendistribusikan surat suara pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang dicetak oleh PT Gramedia usai menerima kedatangan surat suara yang dikirim melalui jalur dari pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Pangkalbalam kota Pangkalpinang dan Tanjung Pandan Belitung. 

"Surat suara ini paling penting sebagai mahkotanya Pilkada, dan hari ini sudah masuk ke KPU Bangka Belitung dan langsung kita distribusikan ke gudang KPU kabupaten kota," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Husin di Pangkalpinang, Jumat.

Husin mengatakan jumlah surat suara paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diterima oleh KPU Babel sebanyak 1.113.169 sesuai jumlah DPT atau daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

"Jumlah surat suara yang kita terima sesuai DPT ada 1.113.169 ditambah 2,5 persen surat suara cadangan dan 2.000 surat suara pemungutan suara ulang (PSU) per kabupaten kota. Surat suara PSU itu berbeda karena ada lambangnya," ujarnya.

Surat suara yang datang ke KPU Babel langsung di distribusikan ke gudang KPU Kabupaten kota se-Bangka Belitung yang jumlahnya sesuai dengan jumlah DPT di kabupaten kota ditambah 2,5 peesen surat suara cadangan dan 2.000 PSU per kabupaten kota.

"Sampainya di gudang KPU kabupaten kota nanti kita akan melalukan rapat kembali untuk menyortir surat suara yang masuk," ujarnya. 

Setelah di sortir, KPU Kabupaten kota akan melibatkan warga setempat untuk melipat dan menghitung surat suara tersebut kemudian langsung di packing. Jika ada surat suara yang rusak atau tidak layak nanti akan di musnahkan bersama Bawaslu masing-masing kabupaten kota.

"Surat suara yang rusak dari hasil sortir akan kita akan penuhi sesuai jumlahnya dan akan dikirim, bisa lewat laut atau udara. Setelah itu di H-3 hari pencalonan akan kita distribusikan mulai ke pelosok desa atau pulau dan H-1 baru distribusi ke TPS terdekat di wilayah kota atau kabupaten," tutup Husin.
 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024