Muntok (Antara Babel) - Pejabat pada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan realisasi bantuan induk sapi kepada tiga kelompok peternak masih menunggu proses lelang.

"Sampai saat ini kami masih menunggu realisasi bantuan dari Pemprov Babel tersebut. Kami berharap dalam waktu dekat bisa segera direalisasikan untuk memotivasi peternak menggeluti usahanya," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Bangka Barat, Sri Basuki di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, pada tahun ini Pemprov Babel merencanakan membantu induk sapi kepada tiga kelompok peternak di Kabupaten Bangka Barat dengan jumlah masing-masing 14 ekor.

"Tiga kelompok peternak sudah kami survey dan layak untuk mendapatkan bantuan tersebut, meliputi Kelompok Peternak Kampung Tanjung, Kelapa, dan kelompok Desa Puput, Kecamatan Parittiga," katanya.

Selain bantuan dari Pemprov Babel, katanya, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam pengembangan sapi pada tahun ini Pemkab setempat mengalokasikan anggaran bantuan induk sapi sebanyak 20 ekor untuk kelompok di Desa Airkuang, Kecamatan Jebus.

"Beberapa waktu lalu sudah kami realisasikan, kami berharap bantuan tersebut semakin memotivasi peternak meningkatkan populasi sapi yang saat ini masih sekitar 1.600 ekor," katanya.

Untuk menggenjot populasi sapi, kata dia, pihaknya juga terus melakukan pengguliran induk sapi ke kelompok ternak.

"Kami juga sudah melaksanakan pengguliran induk sapi kepada lima kelompok, masing-masing delapan ekor kepada kelompok peternak di Desa Mayang, Airgantang, Tugang, dan Bentengkota," katanya.

Menurut dia, beberapa pola bantuan tersebut dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan populasi sapi di daerah itu sekaligus peningkatan kesejahteraan peternak. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016