Jakarta (Antara Babel) - Pertamina Foundation membuka pendaftaran program Beasiswa Sobat Bumi yang berfokus dalam bidang pendidikan dan lingkungan hidup diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan kepedulian terhadap lingkungan.

Di tahun keempat penyelenggaraannya, beasiswa ini menyasar mahasiswa jenjang Strata-1 dari beragam disiplin ilmu di 4 perguruan tinggi di Indonesia.

"Pertamina berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini karena kami berharap akan semakin banyak mahasiswa berprestasi yang dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat, khususnya di bidang lingkungan," kata Ketua Pertamina Foundation, Umar Fahmi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Pada batch I tahun 2016 ini, Beasiswa Sobat Bumi terbuka bagi seluruh mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi mitra Pertamina Foundation, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

Target batch I ini adalah dapat menjaring penerima beasiswa sebanyak 15 orang dari masing-masing perguruan tinggi tersebut.  
    
Keunikan program Beasiswa Sobat Bumi bahwa penerima beasiswa tidak hanya akan menerima bantuan dana pendidikan tetapi juga akan mengikuti kegiatan pelatihan yang akan menjadikan mereka sebagai pemimpin masa depan yang peduli dan berbudaya ramah lingkungan.

"Kami percaya bahwa kesuksesan mahasiswa tidak hanya tercermin dari kelancaran menyelesaikan studi di bangku kuliah tetapi juga dari karakter kepemimpinan yang kuat yang akan membawa perubahan positif di masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Umar, dalam program Beasiswa Sobat Bumi, pihaknya juga memberikan program pembangunan karakter melalui pelatihan dan kegiatan pengayaan lainnya.

Bukti bahwa Beasiswa Sobat Bumi mencari calon penerima beasiswa yang memiliki komitmen dan prestasi di bidang lingkungan adalah dengan mensyaratkan penulisan karya tulis bertema "Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku" dan pengalaman dalam organisasi sosial dan pelestarian lingkungan bagi melamarnya.

Berbeda dengan program beasiswa lainnya, Beasiswa Sobat Bumi tidak hanya memberikan bantuan dana untuk pendidikan akademik saja tetapi juga mengalokasikan anggaran program inisiatif yang diusulkan oleh penerima Beasiswa Sobat Bumi di seluruh Tanah Air yang tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi Indonesia.

Setiap tahun, para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga diberi fasilitas untuk melakukan pertemuan guna membahas inisiatif pemecahan masalah lingkungan yang ada.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dimulai pada tanggal 5-16 Oktober 2016 dan dilaksanakan secara online.  
Mahasiswa calon penerima beasiswa dapat melihat syarat-syarat serta mengisi formulir pendaftaran melalui situs beasiswa.pertaminafoundation.org.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016