Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai penyakit yang sering muncul selama musim hujan.

 "Pangkalpinang sekarang sering diguyur hujan, berbagai macam penyakit akan timbul karena kondisi cuaca ini seperti malaria, demam berdarah, diare, influenza dan lainnya," kata Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Pangkalpinang Suprihatin, Selasa.

Ia mengatakan, saat musim hujan suhu tubuh seorang tidak stabil dan mudah menurun sehingga rentan terserang berbagai penyakit. Untuk itu diimbau tetap menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih.

"Diharapkan warga selalu menerapkan gaya hidup sehat, membersihkan lingkungan seperti selokan yang biasanya tempat berkembang biak nyamuk pembawa bibit penyakit," ujarnya.

Menurut dia, saat musim hujan kebanyakan serangan penyakit disebabkan oleh gigitan nyamuk, sebab hewan tersebut mudah mencari tempat untuk berkembangbiak.

"Selama musim hujan genangan air pasti ada dimana-mana terutama di selokan depan rumah, maka itu harus segara diantisipasi sesegera mungkin agar hewan tersebut tidak berkembang biak dan menebar bibit penyakit," ujarnya.

Sementara itu seorang petugas lapangan dari Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Aspin menyampaikan pada bulan lalu tidak ada laporan warga yang terkena demam berdarah.

"Kami memperoleh data dari rumah sakit dan puskesmas, data direkap setiap akhir bulan. Dari data tersebut kita bisa mengetahui sebesar apa kesadaran warga dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016