Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar napak tilas perjalanan Proklamator Republik Indonesia Soekarno untuk membangkitkan semangat nasionalisme.


"Kegiatan napak tilas Bung Karno akan kami selenggarakan pada Minggu (25/8) pagi dengan mengambil start di halaman Pesanggrahan Muntok dan finish di Tanjung Kalian," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Yanuar di Muntok, Selasa.


Ia menjelaskan, kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan semangat nasionalisme masyarakat sekaligus mengenang perjalanan Bung Karno pada masa pengasingannya di Kota Muntok.


"Pendaftaran peserta kami batasi hingga Sabtu (24/8)," kata dia.


Ia menambahkan, kegiatan tersebut dibuka untuk umum dengan minimal anggota setiap regu berjumlah 10 orang.


Untuk penilaian perlombaan, katanya, seperti perlengkapan, penampilan, tata rias, tingkah laku, bekal makanan atau juadah yang dibawa, semangat dan membawa bendera Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI).


"Kami juga akan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah Bung Karno kepada seluruh peserta," katanya.


Untuk memberikan semangat, kata dia, peserta juga diharapkan menyanyikan beberapa lagu perjuangan seperti Maju tak gentar, Padamu negeri, Garuda Pancasila, Halo-halo bandung, Tanahku.

"Panitia juga menyediakan hadiah jutaan rupiah, piala tetap dan piala bergilir," kata dia.


Melalui kegiatan seperti itu, diharapkannya bisa lebih mengenalkan potensi yang ada di Bangka Barat, khususnya Kota Muntok di tingkat nasional dan internasional.


Selain itu, ia juga mengharapkan peserta lebih banyak dibanding kemarin dan terus meningkat ke depannya, bukan saja di lingkup Bangka Barat, namun juga Babel dan nasional.


Selain kegiatan itu, kata dia, pada Sabtu (24/8) panitia juga akan menggelar kegiatan Seminar perjalanan Bung Karno di Gedung Sriwijaya Unit Metalurgi Muntok yang akan dimulai pukul 08.00 WIB.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013