Koba (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan personel gabungan untuk mengamankan pesta demokrasi Pilgub pada 15 Februari 2017.

Kapolres Bangka Tengah, AKBP Frenky Yushady di Koba, Sabtu, mengatakan personel gabungan itu terdiri kepolisian, TNI, Pol PP, Linmas dan BPBD Bangka Tengah.

"Kami melakukan pengecekan gabungan terkait persiapan masing-masing personel untuk menjalankan tugas pengamanan Pilgub  2017 dan ini harus mulai dilakukan dari sekarang agar persiapan benar-benar matang," ujarnya.

Ia menjelaskan, aparat keamanan memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilgub 2017 selain penyelenggara pemilu dan masyarakat umum.

"Tim gabungan ini sudah memiliki komitmen untuk menciptakan Pilkada yang kondusif dan tidak terjadi konflik horizontal di tengah masyarakat," ujarnya.
Ia juga mengingatkan kepada aparat kepolisian untuk menjaga netralitas atau tidak memihak kepada satu pasangan calon tetapi harus menjalankan tugas sesuai ketentuan yang ada.

"Tidak boleh terlibat politik, dalam melakukan pengamanan harus netral karena aparat keamanan berada di tengah dengan tugas menjamin kondusifitas," ujarnya.

Sementara Ketua KPU Bangka Tengah, Suryansyah mengatakan persiapan ratusan personel gabungan tersebut sudah sangat matang dan mampu mengamankan jalannya Pilgub di daerah ini.

"Pimilu di Bangka Tengah selalu berjalan kondusif, tidak ada intrik dan konflik yang terjadi di masyarakat. Tentu kami mengharapkan Pilgub pada 2017 berjalan baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016