Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga di wilayah Pulau Bangka bagian utara dan selatan agar mewaspadai potensi angin kencang yang diprakirakan pada Selasa (25/10).

"Potensi angin kencang akan disertai guyuran hujan dengan intensitas sedang hingga deras dan petir yang terjadi pada siang hingga sore," kata staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, Senin.

Daratan di Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, Sungai Selan, dan Toboali berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara di Mentok, Jebus, Koba, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-22 kilometer per jam dari Timur ke Selatan, suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 66-97 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang karena dapat berubah sewaktu-waktu.

Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, dan  Selatan Bangka masing-masing berkisar 0,25 meter, Selat Gelasa dan Utara Bangka berkisar 0,5 meter, di dan Selat Karimata 0,75 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," ujarnya.  
    
Sedangkan pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,41 meter, di Membalong Belitung 2,39 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,75 meter dan Toboali Bangka Selatan 1,99 meter.

Kemudian di Muntok Bangka Barat 1,58 meter, di Tanjungpandan Belitung 1,65 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,69 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016