Pagarawan (Antara Babel) - Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar kontes pidato dan bercerita dalam bahasa Inggris yang dilombakan pada "speech contest dan story telling".

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong generasi muda agar lebih menguasai bahasa dalam menuntut ilmu pengetahuan," ujar Kepala UPT Bahasa UBB sekaligus ketua panitia, Riwan Kusmiadi di Pagarawan, Selasa.

Ia menambahkan, perlombaan tersebut diikuti oleh mahasiswa, siswa SMA dan SMP yang ada di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka.

"Perlombaan ini juga bisa menjadi wadah untuk mendulang prestasi bagi mereka-mereka yang memiliki keahlian berbahasa," katanya.

Ia mengatakan, perlombaan berbahasa ini dilaksanakan setiap tahun mulai tahun 2013 dan untuk tahun-tahun berikutnya akan terus dilaksanakan dengan lingkup yang lebih besar lagi dan melibatkan semua kabupaten/kota yang ada di Babel.

"Kegiatan seperti ini juga bisa menarik dan membangun komunitas bahasa," katanya.

Kegiatan berlangsung 25-27 oktober 2016 di Kampus UBB, Kecamatan Pagarawan, Kabupaten Bangka dan untuk hadiahnya berupa sertifikat, tropi dan uang pembinaan.

"Mereka punya talenta yang besar.  Tinggal perlu ada usaha memotivasi mereka lebih besar lagi.  Sehingga nanti dari Bangka Belitung lahir tokoh-tokoh besar lainnya," katanya.

Menurut dia, penguasaan berbahasa Inggris oleh mahasiswa dan siswa sudah cukup baik namun harus lebih ditingkatkan lagi.

"Sebelum menguasai bahasa internasional, kita terlebih dahulu menguasai bahasa negara sendiri sebab yang sudah baik dan memahami bahasa Indonesia, maka penguasaan bahasa Inggrisnya lebih mudah," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016