Koba (Antara Babel) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh menyatakan bahwa pemerintah daerah sudah menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap hak anak.

"Selama ini pemerintah daerah sudah memberikan perhatian khusus terhadap anak dan pemberdayaan perempuan, bahkan ada sejumlah program yang bersentuhan dengan hak-hak anak dan pemberdayaan perempuan," katanya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, komitmen yang kuat pemerintah daerah dalam melindungi dan memenuhi hak anak sehingga kabupaten itu layak menjadi daerah layak anak dengan menciptakan rasa serta memenuhi hak dasar mereka.

"Di antara bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap anak adalah menyediakan bus khusus untuk transportasi ke sekolah, memberikan beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan kurang mampu," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para orang tua untuk memenuhi hak anak serta memberikan perlindungan hukum kepada mereka yang menjadi korban kekerasan.

"Terkait kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak memang mencemaskan berbagai pihak, maka pemerintah daerah melakukan pencegahan dini yang bekerjasama dengan berbagai pihak," ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, juga terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait pencegahan dini dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak sebagai generasi muda penerus bangsa.

"Dengan ditetapkannya Bangka Tengah sebagai kabupaten layak anak, maka pemerintah daerah langsung menindak lanjutinya dengan membuat program dan terobosan baru untuk mendukung daerah ini sebagai kabupaten layak anak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016