Muntok (Antara Babel) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Kapolres dan jajarannya atas prestasi dalam memberikan pengamanan dan pengayoman masyarakat.


Secara simbolis penghargaan itu diberikan pada Jumat di Mapolres Bangka Barat di Muntok dari pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), PD Muhammadiyah dan LIP3 FAM.


"Dalam kunjungan ini kami selain memberikan penghargaan juga melakukan diskusi dengan Kapolres menanggapi berbagai isu yang berkembang di masyarakat agar tidak menimbulkan dampak pada keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Ketua MUI Kabupaten Bangka Barat, M Toha.


Menurut dia, MUI memberikan apresiasi atas kinerja Kepolisian yang selama ini mampu mengantisipasi berbagai kejahatan, perbuatan maksiat, perjudian, seks bebas dan mabuk-mabukan di daerah itu.


"Kami berharap ke depan polisi, MUI dan berbagai ormas lain juga dapat bekerja bersama-sama untuk mencegah tindakan ataupun perbuatan-perbuatan yang dilarang agama, terutama oleh generasi muda yang belum dapat menyaring arus informasi yang didapat dari berbagai media sehingga mereka rentan melakukan perbuatan melanggar hukum dan norma," katanya.


Selain Toha pada kesempatan itu hadir juga Ketua PD Muhammadiyah Bangka Barat Sarbudiono dan anggota LIP3 FAM bersama ketuanya Abang Faizal yang diterima langsung oleh Kapolres diruang kerja.


Abang Faizal juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kinerja Polres Babar dan jajaran dalam mengawal perbaikan penyelenggaraan akomodasi transportasi umum di daerah itu, pada khususnya Kota Muntok.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang tetap berkomitmen mengawal penyelenggaran transportasi yang ada di kota Muntok, terutama pada saat Lebaran kemarin, sehingga bisa berjalan sesuai yang diharapkan," katanya.


Pihaknya berharap ke depan apa yang sudah diupayakan bersama bisa berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan geliat ekonomi daerah itu.


Sementara itu, Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh MUI dan gabungan ormas-ormas yang ada di daerah itu.


Ia mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta instansi-instansi terkait dan seluruh elemen-elemen masyarakat yang ada.


"Polisi tidak akan dapat bekerja sendiri tanpa adanya peran serta dari masyarakat. Semoga ke depannya hal ini dapat kita tingkatkan guna memberi kenyamanan serta mengurangi penggunaan motor oleh remaja-remaja yang belum cukup umur sehingga dapat mengurang angka kecelakaan lalu-lintas," kata Djoko.


Selain itu, Kapolres juga menyambut baik maksud dari MUI. Ia juga berjanji polisi akan selalu siap untuk bersama-sama dengan MUI, para orang tua, guru serta pihak lainnya dalam menjaga Aqidah warga dan mencegah mereka untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama maupun hukum.


"Kami berharap seluruh  unsur pemerintahan dan masyarakat mampu bersinergi dan solid dalam membangun daerah ini, mudah-mudahan situasi kamtibmas daerah ini tetap terjaga aman dan kondusif," kata Kapolres.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013