Pangkalpinang (Antara Babel) - Calon Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengunjungi sekaligus mendengarkan keluhan warga Kelurahan Tuatunu Kota Pangkalpinang yang mulai kesulitan lahan pertanian dan perkebunan karena alih fungsi lahan menjadi pemukiman.

Rustam Effendi seusai Shalat Jumat di Masjid Raya Tuatunu yang merupakan masjid terbesar di Kota Pangkalpinang, berjalan kaki mengunjungi rumah-rumah warga di kelurahan itu.

Pada kesempatan itu, warga terlihat senang dan antusias menyalami Gubernur Kepulauan Babel periode 2012-2017 sehingga suasana penuh keakraban dan suka cita.

"Saya berharap kunjungan ini dapat meningkatkan tali silahturahim, sekaligus mendengarkan langsung keluhan dan aspirasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya," kata Rustam Effendi saat berdialog dengan warga Tuatunu di Tuatunu.

Ia berjanji membantu mendapatkan lahan pertanian dan perkebunan agar dapat mengembangkan usaha dan kesejahteraan keluarganya.

"Jika terpilih kembali, saya akan mencarikan solusi untuk warga Tuatunu agar mendapatkan lahan untuk bertani, beternak dan berkebun," katanya.

Ismail, seorang warga Tuatunu mengaku lahan untuk berkebun dan bertani semakin sulit karena rata-rata lahan untuk bertani sudah menjadi tanah kavlingan dan perumahan.

"Saat ini hasil karet, lada putih dan nanas petani semakin berkurang karena alih fungsi lahan menjadi pemukiman penduduk," ujarnya.

Menurut dia, dulu Kelurahan Tuatunu terkenal sebagai daerah penghasil nanas dan lada putih. Namun beberapa tahun terakhir ini lahan pertanian dan perkebunan sudah banyak menjadi tanah kavlingan.

"Saat ini untuk mencari lahan baru untuk bertani dan berkebun semakin sulit sehingga kami sulit untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang semakin tinggi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016