Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun Waduk Selindung untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat yang ada di kota itu.

Kepala Dinas PU Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar, Senin, mengatakan waduk tersebut akan dibangun di wilayah Kampak, Kecamatan Gabek dengan luas lahan sekitar 100 hektar.

"Rencananya pembebasan untuk lahan waduk ini akan dilakukan pada tahun 2017. Makanya pembangunan pipa sekarang ini dalam rangka pembangunan waduk itu. Tahun ini kita siapkan fisik, tahun depan pembuatan Amdal dan tahun 2018 pembangunan waduknya," katanya.

Ia mengatakan, mengenai jumlah anggaran untuk pembangunan waduk tersebut untuk sementara belum diketahui, namun yang pasti anggaran pembangunannya cukup besar.

"Waduk ini merupakan kebutuhan untuk penyediaan air baku. Nanti tidak lagi disuplai dari Kolong Pedindang maupun Kolong Kacang Pedang, namun disuplai dari Waduk Selindung," ujarnya.

Menurutnya, dengan tersedianya air bersih yang cukup, maka Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) Pangkalpinang dapat terpenuhi.

"Rumah sakit kita nanti sudah lebih baik dan ketersediaan air bersih cukup maka ke depannya Pangkalpinang akan lebih baik. Untuk itu mohon doa restu dan dukungan masyarakat agar program pemerintah dapat berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016