Pangkalpinang (Antara Babel) - PT PLN Wilayah Bangka Belitung melakukan perbaikan terhadap tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV nomor 74 dan 75 di Kelapa, Kabupaten Bangka Barat yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon pada 17 Desember lalu.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Bangka Blitung, Agus Yuswanta di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan tower SUTT yang rusak tersebut mengakibatkan pasokan listrik yang menyuplai ke Kelapa dan sekitarnya terganggu.

"PLN saat ini masih melakukan perbaikan tower yang bengkok akibat tertimpa pohon. Perbaikan membutuhkan waktu sekitar tiga hari," katanya.

Ia mengatakan, agar listrik tetap menyala PLN mengalihkan sementara pasokan untuk wilayah Kelapa, Parit Tiga dan Jebus dari Gardu Induk Kampak dan PLTD Muntok, Bangka Barat.

Menurut dia, dengan dialihkannya pasokan tersebut pemadaman akan diminimalisasi, meski tegangan listrik yang disuplai tidak optimal.

"Kami mohon maaf apabila tegangan yang menyuplai daerah Kelapa, Parit Tiga dan Jebus tidak optimal selama tiga hari ini," ujarnya.

Pihaknya menerjunkan sekitar 30 petugas untuk memperbaiki tower tersebut. Dalam proses perbaikan ini PLN sekaligus melakukan persiapan untuk penyalaan sirkit 2 jalur SUTT Pangkalpinang-Kelapa.

"Diharapkan dengan dilakukannya penyalaan sirkit 2 akan menambah pasokan di Kelapa dan Bangka Barat secara umum," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016