Koba (Antara Babel) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membina pelaku usaha produk khas lokal yang bahan bakunya terbuat dari ikan di Desa Kurau.

"Sekarang ini di Desa Kurau itu terdapat sebanyak 11 unit rumah produksi yang khusus memproduksi produk khas lokal yang bahan bakunya dari ikan, " kata Kepala Disperindagkop Bangka Tengah Useng Komara di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan 11 rumah produksi itu melahirkan produk khas lokal berupa kemplang, kricu, dan aneka makanan ringan lainnya yang terbuat dari ikan.

"Mereka mengolah produk secara profesional, kemasannya cukup menarik dan tentu cita rasa yang sangat luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan usaha makanan ringan khas lokal yang bahan bakunya dari ikan tersebut menyerap banyak tenaga kerja dan memiliki prospek ekonomi yang positif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Produk tersebut juga menjadi usaha kuliner yang mendukung program dunia kepariwisataan dan kami minta masyarakat tetap menjaga cita rasa dan kemasannya," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah selalu mendukung usaha kreatif yang berkembang di masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga mereka.

"Kami juga mendorong pengembangan produk lainnya, di antaranya usaha kerajinan batik tulis yang saat ini mengalami perkembangan yang mengembirakan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017