Nunukan (Antara Babel) - Komandan Korem 091/Aji Surya Natakusuma Brigjen TNI Makmur Umar berpendapat perlu ada penambahan pos penjagaan perbatasan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang bertetangga langsung dengan Malaysia.

"Tapal batas antara Indonesia dengan Malaysia di Kabupaten Nunukan (Kaltara) ini sangat panjang, tetapi pos hanya di 30 titik. Jadi, ada lokasi yang masih 'blank' pos." ujar Makmur Umar di Nunukan, Rabu.

"Blank" pos ini di wilayah tergolong hutan tua (perawan) sehingga sangat sulit untuk dijangkau apalagi ingin membangun pos-pos perbatasan wilayah Indonesia.

Ia menyebutkan, jumlah pos penjagaan perbatasan yang ada saat ini sebanyak 30 titik yang tersebar di sepanjang tapal batas antara RI dengan Negeri Sabah dan Negeri Sarawak, Malaysia.

Sebenarnya masih terdapat titik-titik yang membutuhkan pos, karena terdapat jarak antarpos perbatasan mencapai ratusan kilo meter.

Makmur Umar mengatakan, terdapat kriteria untuk membangun pos diantaranya terdapat sumber mata air yang menjadi kebutuhan sehari-hari prajurit ditambah memiliki akses untuk distribusi logistik.

Pewarta: M Rusman

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017