Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Selasa (24/1).

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang - sore di sebagian besar wilayah Bangka dan Belitung," kata Staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana, Senin.

Daratan yang berpotensi hujan sedang yaitu Mentok, Jebus, Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, Koba, Toboali, Tanjungpandan dan Selat Nasik.

"Hanya daratan di Sungai Selan yang berpotensi hujan ringan," ujarnya.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-25 kilometer per jam dengan suhu udara 23-32 derajat celcius dan kelembaban udara 67-97 persen.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata masing-masing berkisar 1 meter, Selatan Bangka 0,5 meter dan Selat Gelasa 0,75 meter.

"Kecepatan angin di perairan di provinsi ini berkisar 10-34 kilometer per jam. Tinggi gelombang dapat mencapai dua kali dari ketinggian sebelumnya tergantung kecepatan dan arah angin," ujarnya.

Sedangkan pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka berkisar 1,37 meter, Membalong Belitung 2,12 meter, di Toboali Bangka Selatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur masing-masing 1,96 meter.

Kemudian di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,47 meter, di Tanjungpandan Belitung 1,37 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,34 meter.

Ia mengimbau agar nelayan dan angkutan laut agar tetap waspada dan memeriksa fasilitas keselamatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar.

"Untuk nelayan tradisional diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan sebab kebanyakan nelayan tersebut masih minim akan alat keselamatan selama melaut," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017