Koba (Antara Babel) - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menemukan dua titik banjir yang terjadi di daerah itu.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Yupajri di Koba, Minggu (29/1) mengatakan curah hujan yang cukup tinggi melanda daerah tersebut dalam dua hari ini memicu bencana banjir.

"Namun hasil peninjauan tim kami di lapangan, sejauh ini hanya ditemukan dua titik banjir yaitu di Dusun Kedimpel dan Simpang Gedong," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya sempat dikhawatirkan hujan deras selama dua hari ini memicu banjir di beberapa titik namun kekhawatiran itu tidak terjadi.

"Banjir hanya ditemukan di dua titik, itupun kondisi banjir tidak terlalu parah. Banjir terjadi karena luapan air sungai saja," ujarnya.

Ia mengatakan, tahun sebelumnya banjir melanda hampir seluruh kecamatan di daerah ini namun sekarang hanya dua titik saja dan itu tidak terlalu parah.

"Ini artinya upaya normalisasi banjir berjalan dengan baik, namun demikian kami terus memantau kondisi pada setiap kecamatan karena kondisi cuaca masih tidak menentu," ujarnya.

Pihaknya sudah menerjun tim penanggulangan bencana yang disebar pada setiap kecamatan dan mereka siap membantu korban bencana banjir.

"Tim tersebut siap membantu melakukan evakuasi terhadap korban banjir, juga membantu menyalurkan bantuan.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017