Koba (Antara Babel) - Sejumlah pengurus masjid di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti pelatihan sistem manajemen rumah ibadah untuk meningkatkan kemakmuran dan siar agama Islam di daerah itu.

"Tujuan pelatihan agar pengurus masjid memiliki program dan strategi untuk meramaikan rumah ibadah, termasuk meningkatkan pembangunan infrastruktur masjid," kata Pelaksana Tugas Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh saat menghadiri acara pelatihan manajemen yang dihadiri ratusan masjid di Pangkalanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan pelatihan manajemen rumah ibadah ini untuk menjalankan program sosial kemasyarakatan khususnya di bidang keagamaan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan, bersatu dan rumah ibadah semakin siar dengan berbagai kegiatan keagamaan," ujarnya.

Ibnu juga meminta kepada pengurus masjid bisa mengoptimalkan peran remaja masjid sebagai generasi muda Islam yang diharapkan mampu menegakkan panji Islam di daerah itu.

"Masjid adalah tempat yang tepat bagi kalangan remaja Islam untuk melakukan kegiatan positif, masjid juga tempat strategis untuk bersosialisasi," ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan data terdapat sebanyak 93 masjid dan 148 mushala di daerah itu dan tidak semuanya memiliki jamaah yang ramai.

"Kami mengharapkan peran pengurus masjid untuk mengajak masyarakat berjamaah di masjid dan mensiarkan masjid dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan bermanfaat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017