Gunung Kidul (Antara Babel)- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebabkan bencana longsor di Gedali, Beji, Kecamatan Patuk, Rabu dini hari.

Koordinator Tagana Kabupaten Gunung Kidul Sumardi di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan, kejadian di Kecamatan Patuk, mengakibatkan rumah milik Dani (32) warga setempat mengalami kerusakan.

"Wilayah Patuk memang struktur tanahnya rawan terjadi longsoran," kata Sumardi.

Ia mengatakan, pihaknya dibantu masyarakat, relawan dan pihak terkait langsung melakukan evakuasi longsoran tanah dan batu. "Hujan deras yang terjadi cukup laman menyebabkan longsor di Kecamatan Patuk," kata dia.

Selain longsor, juga terjadi bencana angin kencang di Panggang. Pohon beringin yang cukup besar tumbang di Pasar Pendem, Girikarto. Pohon besar tersebut juga langsung dilakukan evakuasi berkoordinasi dengan pemerintah desa, masyarakat dan pihak terkait.

"Angin kencang yang cukup kuat memang membuat pohon beringin cukup besar tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," katanya.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari. Di Dusun Soka, longsoran menyebabkan kerusakan di rumah milik Sugino. Rumah tersebut bergeser dari bangunan semula sekitar 50 cm.

"Untuk keamanan kami sekeluarga mengungsi ke rumah orang tua," kata Sugino.

Ia juga mengaku sudah melaporkan kasus ini ke pihak desa, agar ditindak lanjuti.

Kasi Logistik dan Kegawatdaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Sutaryono menambahkan berkait dengan bencana longsor dan angin kencang, langsung dikoordinasikan dengan tim reaksi cepat untuk dilakukan penanganan. 

Dia berharap masyarakat waspada karena cuaca ekstrem. "Baik terhadap ancaman longsor, angin kencang maupun banjir," ucap Sutaryono. 

Pewarta: Sutarmi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017