Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan semua Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di daerah itu siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2017.

"Kami sudah sosialisasikan UNBK ini dan seluruh SMA/SMK siap melaksanakan ujian nasional tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel M Soleh di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan, pada tahun ini semua siswa SMU/SMK dan SLB akan mengikuti tiga tahapan ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah (US).

"Untuk soal UNBK semua dibuat oleh Pemerintah Pusat dan US dibuat oleh masing-masing sekolah. Sedangkan soal USBN 25 persen dari Pemerintah Pusat dan 75 persennya dibuat oleh tim Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota," ujarnya.

Terkait penerapan UNBK, pihaknya akan membuat pelaksanaan UN tidak serentak antara SMA dan SMK sehingga fasilitas komputer yang ada di beberapa sekolah dapat dipinjam pakai.

"Pelaksanaan UNBK tahun ini dijadwalkan tidak serentak agar sekolah yang belum siap melaksanakan CBT, bisa menggunakan peralatan komputer di sekolah terdekat sehingga tahun ini semua sekolah dapat melaksanakan UN dengan CBT (computer Based test)," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan UNBK tingkat SMK dilaksanakan pada 3-6 April, sedangkan SMA/MA pada 10-13 April, SMP/MTS gelombang pertama pada 2-4 dan 15 Mei dan gelombang kedua pada 8-10 dan 16 Mei.

Sementara itu, mata pelajaran yang diujikan UNBK SMA/SMK/SMP, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk SMA ada tambahan 1 mata pelajaran (mapel) pilihan sesuai jurusan.

"SMK juga ada tambahan 1 mapel dari teori kejuruan. Sedangkan untuk SMP tambahan satu mapel yaitu IPA," ujarnya.

Sedangkan mata pelajaran USBN tingkat SMA, yaitu  agama, PPKN, sejarah umum, dan 3 mapel sesuai program studi atau jurusan.  Sedangkan untuk SMK, yang diujiankan adalah pendidikan agama, PPKN dan keterampilan komputer.

"Dan untuk SMP, mata pelajaran yang diujiankan, yaitu agama, PPKN dan IPS," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017