Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung,  telah menyalurkan bantuan peralatan pertanian bagi tujuh desa di Kecamatan Pemali.


Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu kerja mengelola lahan pertanian sehingga hasil produksinya meningkat, ujar Bupati Bangka Tarmizi Saat di Tarmizi Saat di Sungailiat, Kecamatan pamali, Kamis.


"Saya berharap peralatan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin guna mengelola lahan pertaniannya supaya hasil panen meningkat," katanya saat mencanangkan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) X dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-41.


Sementara bantuan peralatan pertanian itu berupa, cangkul, arit, arco, sapu lidi dan sejumlah peralatan pertanian lainnya.


"Pertanian merupakan salah satu sektor yang harus dikembangkan oleh masyarakat selain sektor perkebunan dan perikanan," jelasnya.


Selain bantuan berupa peralatan pertanian, Bupati Bangka juga memberikan hadiah berupa uang Rp8,5 juta dan tropi kepada Kelurahan Sungailiat dan Kelurahan Kuto Panji serta Desa Air Duren Kecamatan Mendo Barat karena dianggap mampu berprestasi dan lingkungan yang bersih.


"Keberhasilan tersebut harus tetap dipertahankan atau bahkan ditingkat agar dapat menjadi contoh bagi daerah lain," jelasnya.


Bupati berpendapat di Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) X dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-41, dijadikan momentum yang tepat meningkatkan kedisplinan.


"Mulai sekarang kita harus tepat waktu dan sesuai jadwal. Tinggalkan paradigma lama, kita songsong cara yang tepat dan sesuai komitmen," jelasnya.

Dikatakan, momen ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong.


"Jiwa dan semangat kegotongroyongan serta rasa kebersamaan yang telah turun temurun dapat dijadikan modal yang kuat untuk membangun bangsa," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013