Boyolali (Antara Babel) - Pesawat latih dasar milik TNI Angkatan Udara mengalami insiden kecil saat berlatih take off dan mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M Tonny Harjono saat dikonfirmasi membenarkan dan peristiwanya terjadi sekitar pukul 08.50 WIB di runway atau landasan pacu 26 Bandara Adi Soemarmo.

Menurut M Tonny Harjono, ketika berlatih landing (pendaratan), roda pesawat itu melipat sendiri sehingga terjadi insiden.

M Tonny mengatakan akibat insiden kecil tersebut pesawat mengalami rusak ringan, dan dua penerbang yakni Mayor pnb Yulianto dan siswanya Letda Andika Relangga Bima Yogatama tidak mengalami luka sedikit pun.

"Kami masih dalam proses penyelidikan insiden pesawat itu, dan petugas dari Jakarta juga sedang perjalanan ke Solo untuk melakukan investigasi," tutur M Tonny.

Ia mengatakan Sekolah Penerbang TNI AU memang mempunyai base camp di Yogyakarta, tetapi ada beberapa bagian latihan yang dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo.

Menurut dia, Pesawat Grob tersebut termasuk jenis baru dan kondisinya baik. Pesawat hanya mengalami lecet-lecet saja bagian depan dan tidak sampai ke mesinnya.

Pesawat latih itu, langsung dilakukan evakuasi dalam waktu sekitar 30 menit sehingga sempat mengganggu aktivitas penerbangan reguler. Namun, penerbangan reguler kembali dibuka normal sekitar pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017