Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan jaringan internet di sekolah demi kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Kami sudah berkoordinasi dengan Telkom untuk meningkatkan jaringan internet di sekolah yang akan melaksanakan UNBK," kata Kepala Disdik Kepulauan Babel M Sholeh di Pangkalpinang, Jumat.

Hasil kunjungan dan pantauan ke sejumlah sekolah masih menemukan kendala dalam pelaksanaan UNBK yaitu jaringan internet yang lambat.

"Jaringan internet di sekolah yang jauh dari pusat kota masih lambat, sehingga dapat mengganggu pelaksanaan UNBK tersebut," ujarnya.

Untuk itu, Disdik telah meminta Telkom untuk segera mengatasi jaringan internet yang lambat itu, agar pelaksanaan UNBK di SMA/SMK/MA dan SMP/MTs berjalan dengan baik.

"Kami berupaya mempersiapkan UNBK ini dengan seoptimal mungkin, agar siswa-siswi peserta ujian dapat mengerjakan soal dengan baik," ujarnya.

Persiapan UNBK yang telah dilakukan yaitu meningkatkan komputer dan fasilitas pendukung UNBK di sekolah, sosialisasi serta berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Telkom dan PLN.

"Kami sudah berkoordinasi dengan PLN agar tidak mematikan jaringan listrik selama pelaksanaan UNBK," ujarnya.

Untuk mengantisipasi jaringan listrik mati, Disdik juga meminta pemerintah kabupaten/kota serta sekolah untuk menyediakan genset.

"Kami berharap sekolah menyediakan genset, minimal dua unit persekolah, guna mengantisipasi listrik mati ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017