Koba (Antara Babel) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dedi Muchdiyat menyatakan budi daya ikan air tawar di daerah itu cukup prospektif.

"Sekarang budi daya ikan air tawar sudah berkembang karena prospektif dan memiliki nilai ekonomis," ujarnya di Koba, Selasa.

Ia mengatakan, sebelumnya budi daya ikan air tawar belum begitu dilirik masyarakat tetapi belakangan sudah digemari karena permintaan cukup tinggi.

"Artinya usaha budi daya cukup menjanjikan jika ditekuni dengan baik dan jumlah usaha budi daya di daerah ini cukup banyak dan tersebar di beberapa kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong masyarakat membudidayakan ikan air tawar dan terus melakukan pembinaan terhadap kelompok perikanan.

"Kami juga membantu mencari pangsa pasar untuk ikan budi daya dan alhamdulillah pemasarannya tidak menjadi masalah," ujarnya.

Demikian juga ketersediaan bibit ikan cukup banyak karena sebagian warga juga mengembangkan usaha pemijahan ikan air tawar.

"Selain itu ketersediaan bibit ikan di BBI Bangka Tengah juga cukup banyak, jadi bibit tidak menjadi masalah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017